23 July 2007

stress...

Duuhh... dah lama banget ga ngeblog. Baru 2 minggu lewat dikit sih, tapi berasa dah berabad-abad. Secara, biasa tiap hari ngenet, sekarang seminggu sekali. Nunggu ada yang nganterin.

Belum ada sebulan di manado, tapi kok rasanyadah lama banget di sini. Mungkin karena ngga ada aktivitas. pengangguran. Jangan salah, status ibu rumah tangga malah lebih berat (halah!) daripada jadi karyawan kantoran (menurut gw). Kalo karyawan kan ada jam kerjanya, ada jam istirahatnya. Kalo jam kerja ibu rumah tangga 24 jam. Tapi enaknya, ngga pernah ada kondisi yang namanya under pressure. Hehe...

Tugas utama sekarang nyiapin makan buat suami. Masak! Seorang erna masak! Pasti banyak yang gak percaya (termasuk ibuku sendiri. Pernah satu kesempatan aku nelpon buat nanya resep, kata ibu, emang bisa ya? Hik..hiks... poor me). Tapi, ya.. begitulah. Ternyata bisa juga nyiapin masakan buat suami. Kalo soal rasa... hehe... setidaknya ngga hambar lah. Paling gak, kadang asin, kadang manis, kadang pedes. Wakakak...

Tapi, susah juga ya bikin menu biar beda tiap hari. Dengan keahlian yang terbatas. Kalo diitung-itung, mungkin aku baru bisa masak sekitar 10-an resep. Masakan lainnya bukannya gak bisa tapi takut nyoba. Takut gagal dan kebuang. Tapi, alhamdulillah, selama masak sendiri belum pernah buang makanan karena rasanya gak enak (makasih banyak buat suamiku yang nrimo banget ama masakan istrinya).

Oya, soal kondisi di manado, aduuuhh... aku stress!! Di sini panas banget. Dari aku yang tadinya anti kipas angin, sekarang gak bisa nyaman kalo gak ada kipas angin. Bahkan tidur pun harus nyalain kipas angin. Meski sempet masuk angin. Tapi kalo ngga dinyalain, bisa gak tidur-tidur karena badannya keringetan.

Stress yang kedua, di hypermart (tempat aku belanja, soalnya gak mungkin ke pasar tradisional, karena bisa dipastikan ngga bakalan bisa tahan ngeliat barang dagangan di sana) ngga ada kunci (bumbu masak itu lo). Whuaaa... padahal dah kangen pengen makan sayur bening khas jawa yang manis. Hiks... udah gtu, bayamnya juga bayamnya yang segede-gede gaban itu, bukan bayam cabut (lebih enak pake bayam cabut. Iya kan, da?). dan yang lebih menyebalkan, suamiku ngga percaya kalo ada bumbu dapur namanya kunci. Dia ngotot, kencur kali. Sayur bening pake kencur kali. Atenk! Pengen deh nimpuk dia pake telor. Gak dink, sayang telornya. Mending buat lauk. Hehe... Tapi ada kabar baik, kata ibu, kalo ga ada kunci bisa diganti pake kemangi. Ternyata emang bisa kok (udah dibuktikan neh:p). Rasanya gak terlalu jauh beda. Thx a lot mom (kalo nulis “mom”nya pake A, nanti dikira manggil suamiku).

Stress yang ketiga, di gramed gak ada Conan lawas. Whuaaa...padahal aku masih harus beli 13 nomor Conan yang awal buat nglengkapi koleksi. Hik...hiks...tau gtu kemarin beli aja di jakarta. Trus, kalo nyari majalah-majalah yang biasa aku beli rutin, waktunya juga molor. Biasa beli di jakarta pas awal bulan (waktu terbit), di sini 2 minggu setelahnya baru ada. Tapi ada juga yang belum ada, seperti majalah komik favoritku, Cherry. Baru bisa aku dapetin kemarin. Hik..hiks...

Stress yang ke-4, jarang denger suara adzan. Hiks... tapi, alhamdulillah, beberapa bulan lagi, ada kemungkinan bisa pindah ke kota lain yang mayoritas penduduknya muslim. Amin. Dan biaya hidup lebih murah (duuhh... di sini semuanya mahal. Lebih mahal daripada di jakarta. Untung nomatnya lebih murah. Cuma 10ribu. Bisa sering-sering nomat neh, udah dimulai pas ada Harry Potter kemarin. Hehe...)

Tapi, biar pun stress, seneng kok. Lucu ngeliat manado yang unik. Apalagi dengerin bahasanya. Kalo pas nyetel tv lokal, bisa ngakak-ngakak dengerin bahasanya. Padahal gak mudeng artinya apa. Palagi kalo pas ada lagu daerah. Lagunya sih maksudnya romantis, tapi bahasa manado-nya itu lo yang bikin aku gak bisa nangkep sisi romantisnya. Misalnya aja, salah satu liriknya (kebetulan, liriknya emang ditulis, jadi aku ngerti. Kalo Cuma denger aja, diragukan aku tau maksudnya), torang pe’ cinta for ngana.... yang artinya kira-kira, cinta gw buat elu. Hahahha...

Kosakata bahasa manado jarang pake N, biasanya diganti NG. Makan jadi makang. Hujan jadi ujang. Kalo ujan deres jadinya ujang keras. Kekekke... yang lucu lagi, ada salah satu temen suami yang namanya pake akhiran N,tapi ga bisa ngomong N. Misalnya neh namanya Ahmad Nurdin (gak bisa disebut nama aslinya neh, soalnya beberapa temen suamiku kadang baca blog ini juga), pernah dalam suatu kesempatan beliau harus memperkenalkan diri, maka dia bilang; nama saya Ahmad Nurding ngga pake G...

1 comment:

Anonymous said...

huahahahaha!!
welcome to the jungle!
mo pindah ke kotamobagu yak? apa gorontalo?