17 April 2006

pulang kampung

***
sebenernya bikin postingan kali ini susah banget, soalnya banyak yang harus diinget, padahal kapasitas memori cekak. pengin ga usah dibikin aja. tapi... kayanya ada yang berharap namanya bakal disebut-sebut di postingan ini. ngga tega juga kalo bikin kecewa orang lain. hehe...
caution : prepare yourself before you read. it's gonna be a long... long... longgg story... hehe..
paket hemat liburan
april memang bulan penuh berkah. banyak libur. berturut-turut pula. akhirnya, bisa juga aku ngedapetin paket hemat liburan. dengan modal 2 hari cuti dan 2 hari comday, aku bisa liburan selama 10 hari (7 - 16 april). soal comday, aku musti berterima kasih banget sama PIC ku yang baik hati itu. pasalnya, sebenarnya tanggal yang kupilih buat comday (12 dan 13 april) harusnya belum boleh ngambil comday, tapi beliau ngasih izin dengan catatan kerjaanku kelar. sipp!! gampang! anak2 juga udah aku tinggalin dokumen 2 kardus. hehe..
my first flight
kamis malem, 6 april, kira-kira jam 21.30 aku dijemput sepupuku. lha iya, pulangnya bareng dia (mana berani sendirian:p). butuh 30 menit buat nyampe rumah sepupu yang di Kemayoran. ngga bisa tidur. mungkin karena di rumah orang. mungkin juga karena terlalu seneng bisa pulang kampung. jam 1 baru bisa tidur.
bangun jam 3.30, siap-siap. jam 4.30 baru brangkat ke bandara. butuh 30 menit untuk nyampe soekarno-hatta. karena agak-agak telat (pesawat berangkat jam 06.00), dapat seat-nya ngga enak, pas sayap dan ga bisa sebelahan ma mbak lia. malah dapet di tengah (karena penerbangan cuma 1 jam, di beliin tiket ekonomi. no problem! gratis ini:p), diapit bapak-bapak dan mas-mas. bapak-bapak itu sepertinya pengusaha, soalnya selama penerbangan baca report mulu. sementara mas-mas yang satu lagi, ehmm... dari gayanya kayanya kalangan akademisi. tapi... begitu pramugari mbagiin snack dan minum; bapak sebelahku bilang, orange juice; aku bilang, orange juice aja mbak, dan mas sebelah itu bilang, jeruk! whuaahaha... logatnya bikin izzahnya turun. ditambah lagi cara makan dia, ampuun dehh...
***
tapi, di luar itu semua, my first flight cukup membuatku takjub melihat hamparan awan yang berlapis-lapis. juga awan-awan yang menggantung tapi aku tidak melihat sesuatu untuk menggantungkan mereka itu. allohu akbar! subhanallah yang menciptakan semesta dengan begitu indah.
jakarta - semarang - pati
jam 7.00 pesawat udah mendarat di ahmad yani. udah ada supirnya sepupu yang siap nganter sampe rumah. karena masih pagi, kena macet. ditambah lagi ada beberapa tempat yang jalannya rusak. perjalanan berasa lama (padahal aku tidur) banget. jam 9.00 baru nyampe pati. senengnya... cuma 3 jam bisa nyampe rumah.
home sweet home
nyampe rumah ngga bisa istirahat lama. musti bantu-bantu di rumah budhe. kenapa aku dan mbak lia berangkat duluan, soalnya kita musti nyiapin makan malam buat mas dar (sepupuku) dan temen-temennya dari terrano club indonesia. capek juga nyiapin makan buat 80-an orang. meskipun udah dipesenin nasi gandhul tapi tetep aja repot nyiapin perlengkapannya. yang di tunggu-tunggu baru nyampe jam 10. dan... aku baru bisa pulang jam 12. masih ngobrol sama mbak dan ibu. jam 1 baru tidur. padahal besok pagi juga musti nyiapin sarapan buat para tamu itu. whuaaaaa...!!
sabtu pagi, dengan sangat terpaksa membuka mata. masih ngantuk dan capek. tapi... utang budi man:p. berangkat juga ke tempat budhe. tapi seneng bisa ngerasain soto kemiri lagi. abis zuhur baru bisa kabur. langsung sowan ke tempat bapak. setor muka. di rumah bapak, tepar! bangun gara-gara denger bakul gethuk lewat. mungkin udah sekitar 5 tahunan aku ngga makan gethuk runting khas pati ini. ehmm... rasanya masih sama kaya dulu. enak:D
3x sehari
itu jadwal makan selama di rumah. dan menunya selalu nasi. gubrakk!! pagi jam 7.00 udah disuruh sarapan sama ibu. ga enak kalo nolak. kan udah dimasakin. makanannya enak2 lagi. menu yang udah lama ngga kujumpai. sambel teri (ibu terpaksa bikin lagi yang kedua kalinya soalnya yang pertama terlalu pedes) dan sayur bening, bothok udang, tumis buncis dan wortel, urap (mirip sama gudangan di solo) hasil ramban di pekarangan belakangan. ibu juga suka beli jajan pasar yang aku udah lama banget ngga makan. serasa kembali ke masa kecil. yang menyenangkan lagi, selalu ada kerupuk. tapi, sepertinya yang bikin seneng mungkin bukan makanannya, tapi karena di rumah, apa-apa doyan. pepatah jawa bilang; mangan ra mangan sing penting kumpul. kalo ngumpul, biar pun ngga makan bakalan berasa kenyang, apalagi makan?!
tukang ojek
udah dari sejak kuliah, kalo pas di rumah pasti jadi tukang ojek. yang sekarang, antar jemput hanif sekolah. karena masih dalam perawatan sehabis operasi (tangannya bener-bener patah), ibu ga ngizinin hanif naik angkot. soalnya kalo naik angkot pasti mpet-mpetan dan tangannya bisa kesenggol-senggol.
***
siang itu, jadwal jemput hanif. kata ibu, sekolah bubar jam 12.45. jam 12.15 aku udah berangkat soalnya hanif ngga bisa kalo jemputannya telat. dia bakalan langsung ngeloyor naik angkot. nyampe sekolah jam 12. 35. masih beberapa menit lagi aku harus nunggu. tumben, di luar sekolah sepi, ngga rame orang-orang yang mau jemput. 15 menit berlalu. sekolah belum juga bubar. ahh, bentar lagi paling. tunggu punya tunggu, lama banget nehh. udah mulai laper. mati gaya. dari yang nongkrong di atas motor, berdiri depan pagar sekolah, mondar-mandir gaya setrikaan belum panas, jongkok di depan motor, sampe balik lagi naik di atas motor. akhirnya jam 1.30 keluar juga tuh anak-anak smp.
20 menit kemudian, nyampe rumah. ibu nanya, kok lama banget, mampir ke mana? aku bilang aja, baru keluar jam 1.30 kok. ibu keheranan, lho... biasanya kalo hari senin kan jam 12.45. spontan aku bilang, lhahh?? sekarang kan selasa. jadi, ibu keliru hari. karena hari senin libur, hari selasa berasa hari senin. oalahhh...
ponakan-ponakan yang ngangenin
ternyata udah semakin tua. ponakan udah gede-gede. eri udah cowok banget, kelas 3 smp tingginya udah melebihi aku. makin cakep. hehe... hanif semakin meng-kulkas alias cooooollll banget. bener-bener kaya bapaknya. ga bakal ngomong kalo ga ditanya. ditanya pun kadang ga dijawab. meski patah tulang sampe operasi, ngga pernah sekalipun ngeluh sakit. hebat banget tuh anak! tapi ya itu, kulkas! tapi kadang masih bisa becanda ma dia. waktu aku liat tangannya yang patah, dia ngasih liat jahitan bekas operasi yang ternyata membentuk huruf H. dokternya sengaja kali ya. hehe...
***
paling enak sama astri. penurut banget. enak kalo disuruh-suruh. suruh nemenin jalan-jalan ke sawah juga mau. maen sama burung-burung kecil yang aku ngga tau namanya. burung-burung itu terbang rendah banget dan berputar-putar mengelilingi aku ma ponakan cewekku satu-satunya. tapi tetep aja kita ngga bisa nangkep mereka.
tapi yang paling menyenangkan maen sama adit yang masih TK. pengin nggodain mulu. gengsinya gede banget. sok cool tapi ngga banget. hehe... tapi, kalo udah berantem sama kakaknya (Alan), mendingan aku kabur jauh-jauh soalnya bakalan berisik banget dan diakhiri dengan jeritan adit disusul dengan suara tangis yang meraung-raung.
pati - solo
karena balik jakarta sendirian (sepupuku nerusin konvoi ma temen-temen TCI-nya) akhirnya pilih naik kereta. sekalian biar bisa ke solo yang udah setahun aku tinggalkan. kamis siang aku berangkat. dianterin ibu ke tempat travel. waktu mau berangkat, meluk dan nyium ibu, ibu udah mau nangis, tapi aku pura-pura ga ngeh, langsung nglepas pelukan ibu. soalnya kalo ngga gitu bisa nangis berdua. kan ga lucu, nangis di liatin orang-orang. tapi waktu di mobil, baru jalan, aku udah nangis. hik... hiks...
feel like home
jam 4 sore udah nyampe terminal gilingan. nunggu jemputan tukang ojekku yang setia, yang berharap namanya disebut-sebut di sini. subhanallah, ternyata dGank bisa ngumpul (minus andi ma ulphe, imam juga). shinta bela-belain dari jogya, rince yang aktivitasnya seabreg bisa juga datang. tumben:p
abis jemput sinta di Balapan, kita ber-4 langsung makan. tujuannya ke Titoti. ternyata habis. akhirnya ke waroeng steak. ternyata (lagi), menu kita masih sama kaya dulu. aku dan tukang ojekku masih seneng sama vanila float dan shinta ma rince masih tetep doyan coklat float. menyenangkan bisa bernostalgia, palagi makannya dibayarin:p
soto... ohh... soto
jumat pagi, masih bisa melihat purnama di langit barat. subhanallah... pengin berlama-lama menyapa purnama, tapi shinta udah ngledekin; ciee... ena romantis banget. halah! akhirnya kabur. mandi, soalnya mau KJP (kajian jumat pagi di masjid uns). yaahh... ternyata hampir 2 tahun berpisah, dGank tetep sama. bermasalah dengan waktu. akhirnya ngga bisa ikut kajian. lha wong mereka baru siap jam 6.45 padahal KJP mulai jam 6.00 sampe jam 7.00.
acara selanjutnya, breakfast. karena cuma ber-3 (rince harus pulang karena ada Musda. tetep!) butuh motor satu lagi. niatnya pinjam motor anak smart link (temen kerja tukang ojekku). ehh, ditawarin mobil. akhirnya perginya rame-rame sama anak2 smart link.
***
nyobain tempat makan baru. soto gading. ternyata masih enakan soto kirana. wahh, nasinya masih nggumpal-nggumpal gini. musti dihancurin dulu biar enak makannya. and... i did it! kuah soto mendarat dengan mulus di jilbab dan kausku. kantung hp juga kena cipratannya. uhhh... kesel! banget! pagi-pagi dah kaya gini. pengin merutuk, tapi toh itu ngga bakal menyelesaikan masalah. akhirnya nyabar-nyabarin diri sendiri aja. meski selera makan udah menguap.
nyampe smart link langsung nyuci (cuma bagian yang kena kuah aja) jilbab ma kaos yang bau soto. bingung juga ngeringinnya gimana. ngga ada hand dryer. untungnya, smart link itu kantor sekaligus rumah. memang ngga ada hand dryer tapi ada setrika. ada juga anak smart link yang nawarin baju ganti tapi ku tolak. lha wong yang ditawarin baju koko. hehe...
pizza gretong
tukang ojekku itu seneng banget pizza, jadi makan malamnya diajakin ke PH. ngga seru kalo ke PH cuma berdua. lagian aku ma dia cuma bisa makan satu potong. akhirnya ngajakin anak smart link lagi, biar ngabisin pizza plus jadi bodyguard. yang bikin enak, kita yang ngajakin makan tapi malah anak smart link yang bayarin. makasih yee... sering-sering aja. tar kalo erna ke solo, kalo mau makan ngajakin anak smart link aja ya, masih mau bayarin kan? hehe...
***
ps: buat anak-anak smart link, nitip tukang ojekku ya. jangan digangguin. jaga baik-baik. tapi jangan terlalu baik juga. toh dia udah gede. harus bisa jaga diri sendiri juga. oya, tukang ojekku itu maksudnya nita:p
solo - jakarta
akhirnya, musti balik juga ke jakarta. naik argo lawu pagi. yang pertama kalinya jalan jarak jauh dan sendirian. kebetulan bisa duduk di deket jendela. subhanallah... pemandangannya bagus banget. rumput, sawah, bukit, batu, sungai... amazing!
***
kira-kira nyampe jogya, kereta tiba-tiba berhenti di tengah bukit. kenapa ya? masa naikin penumpang?! lima menit kemudian kereta jalan lagi. penumpang pada kasak-kusuk, ngga jelas ngomong apa. aku baru ngeh waktu liat ada beberapa orang jalan sambil melambaikan tangan ke arah kereta yang mulai jalan. ternyata ada pengantar yang lupa turun waktu kereta jalan. akhirnya diturunin di sembarang tempat. oalahh...
nyampe gambir jam 4. telat 30 menit dari jadwal. udah ada sepupu yang njemput. minum sebentar trus langsung ke kost. tepar!
ppffhhh... selese juga postinganya. panjang banget. yang ini kayanya bukan untuk dibaca (yang udah terlanjur baca, ya maap:p). cuma buat pengingat soal kesempatan dan perjalanan yang mengesankan, yang aku ngga tahu kapan lagi aku bisa melakukannya.
***
jarak mungkin akan selalu ada...
aku hanya berharap;
semakin terbentangnya jarak,
semoga semakin mendekatkan hati
dan menguatkan cintaku
pada mereka yang mencintaiku

1 comment:

Community Blog and News said...

semarang, jogja, solo dan pati selalu mengesankan dan membawa kenangan masa lalu. perjalanan dapat menyegarkan kembali kenangan pada masa lalu yang indah....