04 August 2007

u can find it (only) in Manado

Rabu, 25 Juli 2007 (10.21 pm)
(karena ngga bisa ngenet tiap hari, sekali posting mungkin bisa beberapa cerita,jadi biar gak ribet dikasih tanggal aja lah. Biar gampang mbayanginnya. Halah!)

Di kamar suasananya lagi serius neh. Ada yang lembur. Biasanya sih udah gak bisa digangguin kalo kaya gtu. Jangankan digangguin, diajakin ngomong aja kadang ngga denger, saking khusyuknya ma laptop. Emang dia doank yang bisa sibuk?! Gw juga bisa! Serius maen magic line (file jadul yang dulu gak bisa dibuka di kompi kantor, ternyata bisa kebuka di laptop. Yess!!!!). hasilnya gak terlalu mengecewakan kok. Skor barusan 1235. emang belum bisa memecahkan rekor skor tertinggi yang pernah ku peroleh sih. Taelah, peroleh... kaya medali aja.

Jadi, mo cerita soal weekend kemarin neh. Malam minggu kemarin kita putusin buat makan di luar. Pilihan kali ini, Sop Sodara di kawasan Boulevard. Daging kambing, bukan sapi. Sebenernya ena gak begitu suka ama daging kambing sih, tapi berhubung nafsu makan si dia lagi agak bermasalah, ya udah deh, ngikut aja.

Akhirnya pesen sop ama soto. Pas pesenan udah nyampe di meja, bingung. Mana yang sop mana yang soto. Perasaan sama aja deh. Akhirnya nanya ma cewek (panggilan buat pelayan toko ato rumah makan di Manado itu cewek ato cowok. Kalo aku yang dipanggil kaya gtu, udah ta’ lem....parr kali) yang bawain pesenan kita. Kata si cewek, yang sop yang ada perkedelnya. Oo...

Selese makan, sengaja lewat pinggir pantai. Wahh... keren banget. Liat lampu-lampu di pinggir laut, trus ada bukitnya juga. Subhanallah...

Masih di atas motor itu (diboncengin jek) aku mikir, iya ya, bisa jadi di manado ngga lama lagi, tapi belum kenal Manado kayanya. Belum kemana-mana juga. Lebih sering ke MTS (Manado Town Square) buat belanja ngisi kulkas. Ehmm, gimana kalo posting hal-hal yang unik di Manado? Sepertinya menarik. Kayanya perlu deh meluangkan satu hari buat keliling Manado, sekedar observasi keadaan Manado yang pasti punya perbedaan ama kota-kota lainnya. Dan aku pun mulai memperhatikan kanan-kiri ku... Sayang gak bawa kamera.

Yang pertama, dari awal aku datang ke Manado tahun kemarin aku juga udah heran, logo perusahaan salah satu pemilik mall di kawasan Boulevard. Nama perusahaannya PT Megamas apagitu (intinya pake Mega. Tapi kayanya bukan anggota Para Group. Hehe..). Si Megamas ini masang bendera di atap bangunannya. Gak cuman satu. Ada sekitar lima mungkin. Belum termasuk yang di tempat buat ngambil karcis parkir. Itu aja menurutku udah lucu, ada perusahaan masang bendera. Jarang ngeliat yang kaya gitu. Yang bikin pengen ketawa itu soal logo perusahaan yang jadi (satu-satunya) gambar di bendera berwarna kuning itu. Mungkin si pemilik Megamas ini masih sodaraan sama pemilik McD (iya, Mc Donald itu), ato dia ngefans ama McD, gw ngga ngerti. Logonya itu sama persis sama logo McD. Cuma ditambahin satu garis tebel di bawahnya (menempel dengan font) berwarna hijau. Jadi bisa bayangin bentuknya kan? Logo McD warna merah, dikasih garis bawah ijo tebel, ditempel di kain warna kuning. Mungkin kalo lampu mati (Manado juga udah memberlakukan pemadaman bergilir neh), bisa buat nggantiin traffic light.

Abis ngeliat bendera, beralih ke baliho di pinggir mall. Lho? Kok hurufnya kebalik sih? Beberapa detik mikir, ternyata balihonya itu cuma buat dibaca satu arah aja. Dari depan aja. Kalo dari belakang, jadinya kebalik. Baliho yang aneh.

Masih soal baliho. Kalo yang ini khas Manado banget. Sama kaya di kota-kota lain kayanya. Baliho bertuliskan “Manado kota Tinutuan”. Aku inget banget, pertanyaan pertama waktu nyampe di Manado, masih di perjalanan antara bandara-kost, ngeliat baliho kaya gini, aku langsung nanya, Tinutuan apaan? Ternyata tinutuan itu nama bubur Manado yang udah terkenal itu. Aku sih gak berniat nyobain. Enakan makan bubur bikinan sendiri kayanya.

Kalo dipikir-pikir, baliho dan juga spanduk, ato pun banner, yang ada banyak di Manado mungkin adalah baliho kota Tinutuan itu (ya iyalah... secara). Trus belakangan ini, banyak juga spanduk ucapan selamat ulang tahun buat kota Manado yang ke 384 (kalo aku gak salah) sama iklan dari Dinas Pariwisata, banner bertuliskan “Manado kota pariwisata dunia 2010” (or something like that).

Masih menyusuri boulevard yang banyak tempat makan itu, ada rumah makan bertuliskan, Rumah Makan Muslim. Kalo di kota lain, mungkin jarang ya, banyakan kan rumah makan cina, jepang ato apalah. Tapi ya... beginilah, Manado. Saking parnonya, kemarin pas lagi belanja, milih bandeng presto lama banget. Nyari yang ada label halalnya. Pas aku ceritain ke suamiku, dia lansung nyeletuk, lho... bandeng kan ikan. Gak harus disembelih. Iya ya! Dodol!

Yang terakhir, masih di atas motor, ngelewatin satu kios rokok di pinggir jalan. Jualan bensin eceran juga. Yang menarik perhatianku, botol buat ngisi bensinnya itu botol coca cola. Bukan yang satu liter. Tapi yang kecil. Yang ukurannya hampir sama kaya teh botol. Oya, botolnya itu juga masih lengkap dengan labelnya. Mungkin bukan botol coca cola, karena aku ngeliatnya juga cuma sekilas, tapi yang jelas ukuran botolnya segitu dan ada label warna merah. Jadi mikir, kalo beli bensin 5lt, musti nuang berapa botol?

1 comment:

Anonymous said...

--
(karena ngga bisa ngenet tiap hari, sekali posting mungkin bisa beberapa cerita,jadi biar gak ribet dikasih tanggal aja lah. Biar gampang mbayanginnya. Halah!)
--
kan ada 080989999

*kok jadi promosi :D