26 April 2007

gaya menonton

kalian suka nonton film? trus gaya menonton kalian gimana? apakah diem di tempat, mondar-mandir ambil cemilan, ato....? (opening sentence-nya jayus banget gak sih?)
selama ini, dengan siapa pun aku nonton film tidak ada masalah. aku lebih suka nonton film di rumah, bukan di bioskop. karena kalo mau ke bioskop, musti nyari temen yang bener-bener enak. dan lagi, nonton di rumah lebih rileks, mo begadang ampe jam berapa juga ayo aja. ga sah mikir bakal pulang kemaleman. intinya, aku ga suka ke bioskop.
balik lagi ke gaya menonton temen-temenku yang selama ini tidak bermasalah. kebetulan "betrayers" di dGank kompak banget gaya menontonnya. ngga ada yang telmi, jadi ngga ada yang nanya-nanya soal alur cerita (kalo pun ada, mungkin lebih milih diam sementara dulu daripada bonyok terkena lemparan benda keras), dan ngga ada juga yang kelebihan suara buat berkomentar ngga penting soal isi cerita. jadi, akhirnya acara menonton bisa berjalan dengan lancar karena kami kompak banget ketawa ketika ada adegan lucu, baik implisit maupun eksplisit. kalo ada yang ketawa belakangan, bakalan dapet bonus teriakan dari yang lain; huuu.... telat!!!
dan, setelah jarang ngumpul dengan "betrayers" versi lengkap, kadang aku musti nonton dengan temen-temen baru, yang TERNYATA, punya gaya menonton YANG AMAT SANGAT BERBEDA dengan kami, para betrayers. ok, coba kita liat satu per satu gaya menonton yang BERBEDA ini.
gaya pertama
diem mengikuti jalannya cerita, trus tau-tau mengeluarkan suara; lho.. ternyata dia udah punya istri? eh.. trus, jadi yang cewek tadi? yaahh... kasian donk. tapi kok... gimana sih ini ceritanya? dia siapanya cewek yang tadi? kok mereka...bla..bla...
tidak berhenti sampe situ aja, masih ditambah dengan menggoyang-goyang bagian tubuh temenku; ini gimana sih, mbak? kok gini sih? ga mudeng deh.
dan tindakan temenku, yang sepertinya sama dengan aku, merasa terganggu dengan komentar-komentar gak pentingnya itu, cuma diem, ngambil sampul dvd, ngasih ke dia buat dibaca. ha...ha..ha.. (baca dengan ha pendek).
gaya ke-dua
dari pertama dateng, kebetulan dia dateng di tengah berjalannya cerita, udah langsung nanya; apa neh judulnya? yang maen sapa? wahh, kok sama dia sih? gak pantes! mending sama artis yang itu lebih matching. ehh... dia cakep ya kalo pake baju kaya gitu, ngga kaya dia di film... bla...bla... berbagai komentar yang ngga ada hubungannya ama jalan cerita. awal-awal sih kita masih ngejawab, meski agak-agak males. tapi kok dia gak berenti-berenti ya? akhirnya, kalo dia nanya, kita sok fokus ke film, ga denger omongan dia. kasian sih... tapi... dia merusak suasana!
gaya ke-tiga
kita dah sepakat mo nonton. di tengah-tengah cerita, ada yang gak mudeng. filmnya emang agak berat sih. and she is so chatty. berisik! nanya-nanya mulu. padahal... plis deh non, kita kan sama-sama nontonnya, sama-sama gak mudeng. satu-satunya cara biar mudeng adalah, diam, memperhatikan jalan cerita selanjutnya. pppffuuhhh!! untungnya aku masih punya sedikit kendali diri untuk diam, dan tidak ngeluarin rentetan kalimat-kalimat di atas.
gaya ke-empat
ketika lagi asyik-asyiknya mendalami isi cerita, tau-tau dia... ehh... kamu pernah nonton film itu gak? kok mirip ya ama film ini? jangan-jangan ini menjiplak cerita. wahh... indonesia neh emang! hak cipta tidak dihargai. moralnya bobrok. tau gak, tokoh anu kan kemarin malah bilang kalo seperti itu....bla.. bla... pliss dehh! kita lagi nonton, dan dia malah cerita kemana-mana.
gaya ke-lima
di tengah-tengah cerita, ada yang komentar; ihh... kasian ya ceweknya. tapi cowoknya juga sih. aneh ya. padahal saling mencintai. sadis ya. coba kalo kita yang digituin. gak kebayang sakit hatinya kaya gimana. ckk... ampun deh. kok ada ya orang kaya gitu?
*mbak..mbak.. kita lagi nonton film, bukan cerita nyata, jadi pliss deh...*
gaya ke-enam
seperti biasa, di tengah berjalannya cerita, ada yang komentar; wahh... gak mungkin! impossible! masa rumahnya jadi monster. ckk..ckk... khayalan tingkat tinggi neh. coba aja bayangin, masa rumahmu, ternyata sebetulnya monster? gak mungkin kan?
aaarrrghhh.... stop her! stop her! (i wish i could do that in FRONT OF her)
yaahh... capek juga nulis gaya menonton yang emang berbeda banget ama gayaku. oya, apa kalian bisa bayangin kalo enam diantara gaya di atas, 3-4 diantaranya ada pada satu orang?! how poor i am...

2 comments:

Anonymous said...

hwakakak :D...kirain ane aja yg 'bermasalah' dgn org2 ini...
ada lg tuh mbak, gaya ke-7, n ga kalah nyebelinnya...
itu lho, yg dtg telat, ikut nonton, n beberapa menit kemudian ngasi komen yg sok tau bgt, trus malah lanjut nebak n ngarang cerita sendiri, yg bisa dipastiin salah..lah..lah...pfiuuh...
50+50...cepe' deeeeh...

Unknown said...

Ena.....kejadian barusan semalem, nonton berdua ama mas di rumah berhubung soundnya kurang bgt jd aku lebih fokus dengerin dialog2nya kan, lah si mas beberapa kali nanya n nimpalin but aku cuma jawab seperlunya or cuma hm..hm...akhirnya dia nyadar trus nanya napa sih dek? aku langsung bilang "lagi nonton ini loh jadi ga jelas kalo diajak ngobrol terus" he..he...he...langsung aku inget Ena:D